30 Jun 2012

TAHU ARTI LAMBANG GERAKAN PRAMUKA


Lambang gerakan pramuka ialah tanda pengenal yang menunjukkan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh tiap anggota pramuka yang dicita – citakan oleh gerakan pramuka. 

Lambang ini diciptakan oleh Almarhum Bapak SOENARDJO ADMODIPURO (pegawai tinggi departemen pertanian). Digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961 pada panji gerakan pendidikan kepanduan nasional Indonesia yang dianugerahkan kepada gerakan pramuka ( Sri Sultan Hamengkubuono IX) dari presiden RI ( Ir. Soekarno ) dengan Kepres RI No.448 tahun 1961 tanggal 14 Agustus 1961.

Lambang ini berbentuk gambar bayangan (Silhoute Tunas Kelapa) yang berdasarkan dengan Kep.Kwarnas No. 06/KN/1972 mempunyai arti kiasan sebagai berikut :

1. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan “CIKAL” yang berarti cikal bakal yang di Indonesia mempunyai arti penduduk asli yang menurunkan generasi baru. Jadi cikal ini melambangkan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
2. Nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan bagaimanapun melambangkan tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniahnya sehat, kuat dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan hidup dan menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi kepada tanah air dan bangsa Indonesia.
3. Nyiur dapat tumbuh dimana saja melambangkan bahwa tiap anggota pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana ia berada dan dalam keadaan bagaimana pun juga.
4. Nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia melambangkan tiap anggota pramuka mempunyai cita – cita yang tinggi, lurus, mulia, jujur, dan tetap tegak serta tidak mudah diombang – ambingkan oleh sesuatu apapun.
5. Akar nyiur tumbuh kuat dan erat didalam tanah melambangkan tiap anggota pramuka mempunyai tekad dan keyakinan yang berpegang teguh kepada dasar – dasar dan landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita – citanya.
6. Nyiur merupakan pohon yang serba guna dari ujung hingga akar melambangkan tiap anggota pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan dirinya untuk kepentingan tanah air, bangsa dan negara kesatuan RI serta kepada seluruh umat manusia.

Lambang Gerakan Pramuka di gunakan pada : 

1. Panji gerakan pramuka
2. Bendera gerakan pramuka
3. Papan nama kwartir dan satuan
4. Tanda pengenal gerakan pramuka
5. Alat administrasi gerakan pramuka

 
 
Arti Lambang Secara Keseluruhan
 
Lambang Gerakan Pramuka merupakan tanda kebesaran jiwa Pramuka,yang mengandung makna Pramuka itu tangkas,sigap,sehat jasmani dan rohani,kuat dan ulet, berpengharapan penuh ,besar tekad dan keyakinan dalam menghadapi tantangan hidup,berbudi luhur,bercita-cita tinggi, jujur dan tanggung jawab,sederhana,berwatak satriya,mampu menyesuaikan diri dimanapun berada dalam keadaan apapun, kuat dan teguh batinnya.Sehingga dapat menjadi pewaris dan penerus bangsa yang lebih sanggup,mampu dan tanggung jawab dalam mengabdikan diri pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

0 komentar:

About Us

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Translate Widget by Google
 
;